Top Performing Listed Companies 2018

Lima perusahaan publik yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), yakni PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bukit Asam (Persero) Tbk, dan PT Kresna Graha Investama Tbk, berhasil meraih “Investor Awards 2018” dengan predikat “Top Performing Listed Companies 2018”.

Lima emiten tersebut berhasil meraih posisi terbaik karena kinerja fundamental tahun 2016 – 2017 terbukti unggul di antara 573 emiten yang listing di Bursa Efek Indonesia per 31 Maret 2018. Selain kinerja fundamental yang solid, likuiditas perdagangan saham lima emiten ini pun tinggi, sehingga harga saham masing-masing naik signifikan selama April 2017 sampai Maret 2018.

Pemeringkatan emiten tahun ini mengambil tema ‘’Building Competitive Advantage, Through Innovation in Turbulent Environment’. Tema ini ditetapkan dewan juri untuk memastikan bahwa di tengah ketidakpastian ekonomi global dan tantangan disrupsi bisnis, emiten yang meraih “Investor Award” terbukti inovatif dan responsif untuk mengadopsi konsep bisnis modern pada era digital.

“Dunia usaha sedang melewati kondisi perekonomian yang serba tidak pasti serta tantangan disrupsi bisnis yang tidak bisa dihindari. Karena itu emiten terbaik harus dipastikan mereka yang terbukti inovatif, mampu bersaing, memiliki keunggulan kompetitif, serta cepat merespons konsep-konsep bisnis modern pada era digital,” ujar Ketua Dewan Juri, Prof Roy Sembel, PhD dalam siaran pers yang diterima redaksi, Senin (14/5).

Tema tersebut menjadi penekanan penting ketika para nomine “Top Performing Listed Companies” diberikan kesempatan memaparkan kondisi perusahaan. Dewan juri juga menyoroti komitmen emiten pada pengembangan kualitas sumber daya manusia, sisi environment, maupun corporate social responsibility/CSR sebagai bagian integral perusahaan, komitmen penerapan good corporate governance (GCG), maupun strategi bisnis ke depan.

Seperti tahun sebelumnya, untuk menetapkan emiten terbaik, dewan juri mempertahankan pengelompokan berdasarkan nilai kapitalisasi. Dua kelompok besar yang disepakati, yakni emiten dengan kapitalisasi pasar di atas Rp 10 triliun dan di bawah Rp 10 triliun. Pengelompokan ini dibuat agar persaingan lebih berimbang. Pertimbangan lain, karakteristik perusahaan dengan ukuran usaha besar relatif berbeda dibandingan dengan yang sedang dan kecil.

Emiten yang bersaing meraih posisi terbaik harus lebih dahulu melewati proses seleksi seleksi awal sesuai parameter yang telah ditetapkan. Dari emiten yang lolos seleksi awal, Dewan juri menetapkan lima emiten yang mencatat skor tertinggi dari delapan nominasi “Emiten Terbaik 2018”.

Adapun delapan nominasi emiten terbaik tahun ini meliputi: PT Bank Central Asia Tbk, Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Kresna Graha Investama Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Pacific Strategic Financial Tbk, PT Sillo Maritime Perdana Tbk, dan PT Wicaksana Overseas International Tbk.

Selain proses penilaian dari sisi kinerja fundamental dan teknikal, penetapan emiten terbaik dipadukan dengan hasil penilaian dari responden melalui angket serta wawancara dewan juri dengan manajemen emiten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *